Cara Membersihkan Sneakers Berbahan Suede Yang Benar


Apa sobat TeatreMALIC.com memiliki sneakers berbahan suede? Jika iya, tentu sobat dapat membayangkan sulitnya untuk membersihkan sepatu kesayangan itu, bukan?

Suede adalah jenis kulit dengan permukaan halus, seperti beludru.

Istilah ini awalnya berasal dari bahasa Perancis “Gants de Suède,” digunakan untuk menunjukkan jenis sarung tangan lembut yang diimpor dari Swedia.

Berbeda sneakers berbahan kanvas dan kulit licin, membersihkan bahan suede memang menjadi “pekerjaan rumah” yang memerlukan ketelatenan.

Kesalahan mencuci kerap berakibat fatal. Warna yang berubah kusam, kehalusan yang lenyap hingga membuat permukaan suede menjadi kasar dan kumal.

Jika sudah begitu, tak ada lagi yang bisa dilakukan. Sneakers kesayangan kita pun menjadi kurang menarik.

Nah, di ajang SneakerPeak Kemang Vol.2 yang baru lalu, salah satu gerai yang ambil bagian dalam acara di Lippo Mall Kemang, Jakarta itu adalah Rockickz.

Rockickz adalah usaha yang diinisiasi oleh para anak muda penggemar sneakers untuk membuat layanan pencucian dan pewarnaan sepatu, tas, dan topi.

Iwan, salah satu punggawa Rockickz, berbagi tips dengan Kompas.com, soal bagaimana membersihkan sepatu berbahan suede.

“Kalo ngebersihin suede-nya bener, sebenernya gak susah,” kata Iwan mengawali pembicaraannya.

Iwan mengatakan, untuk membersihkan bahan suede diperlukan cairan pembersih suede, sikat, dan kain lap.

“Cairan pembersih sepatu harus dicampur dengan air pada takaran yang pas, biasanya kalo cairan produksi saya, perbandingannya 1:5, jadi satu bagian cairan pembersih, dicampur lima bagian air,” kata dia.

Langkah selanjutnya adalah membasahi sikat dengan air yang sudah dicampur cairan pembersih.

“Oh iya, sikat yang dipakai harus yang tingkat kekerasan bulunya medium ya. Jadi, kalo sikat gigi itu kategorinya soft. Nah, silakan cari yang lebih keras sedikit,sambung Iwan.

Satu arah

Setelah sikat dan cairan siap, satu hal yang harus selalu diingat adalah, permukaan bahan suede dibersihkan dengan sikatan satu arah.

“Sepatu dalam keadaan kering, kita sikat searah, jangan bolak balik gosoknya.”

“Setelah sikatan beberapa kali, nanti akan keluar busa,” kata Iwan.

Di dalam busa itu, kotoran yang mengendap di permukan suede perlahan-lahan terangkat. “Dilap aja busanya,” ujar Iwan lagi.

Lakukan hal serupa hingga seluruh sepatu bersih.

“Lalu diamkan hingga kering. Tapi jangan dijemur, bisa rusak sepatu kena matahari langsung, cukup diangin-anginkan aja,” kata dia.

Saat kering, biasanya bahan suede tersebut akan menunjukkan gejala kaku dan kasar.

“Tapi enggak usah takut, kita tinggal ambil sikat medium lalu lakukan sikatan dengan arah sebaliknya dari saat kita mencuci.”

“Pelan-pelan sikat, nanti bulu-bulu suede-nya akan bangkit lagi, dan tetap halus,” kata Iwan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *