Alasan UC Browser Dihapus Google Play Store


 

Beberapa waktu lalu, peramban (browser) mobile UC Browser mendadak hilang dari toko aplikasi Android, Google Play Store.

Tak lama, seorang netizen di Twitter dengan akun @SKZ_14 mengaku sebagai karyawan UC Browser, menulis sebuah posting-an mengenai alasan menghilangnya UC Browser dari Play Store.

Dalam postingannya tersebut, ia menjelaskan UC Browser dihapus sementara dari Play Store selama 30 hari karena menggunakan metode promosi yang menyesatkan dan tidak sehat untuk mendongkrak jumlah pengunduh, alias mencurangi jumlah download.

I work for UC Browser,I got mail today morning it said that UC Browser was temporarily removed from play store for 30 days because it used “Misleading” and “Unhealthy” methods of promotion to increase installs

Saya bekerja untuk UC Browser, Saya menerima e-mail pagi ini yang menyatkan UC Browser dihapus sementara dari Play Store selama 30 hari karena menggunakan metode promosi yang menyesatkan dan tidak sehat untuk mendongkrak unduhan,” begitu cuit akun yang mengaku sebagai Mike Ross pada Rabu (15/11/2017).

UC Web selaku induk UC Browser segera merespon postingan ini dan menyatakan Mike Ross bukan karyawan mereka. UC Web juga menyanggah klaim akun tersebut atas hilangnya UC Browser dari Play Store.

Penjelasan UC Web

Menurut UC Web, alasan sebenarnya UC Browser menghilang dari Play Store adalah karena setting tertentu di UC Browser tidak sesuai dengan kebijakan Google.

Hal tersebut menyebabkan UC Browser terpaksa ‘dihapus’ dari Play Store hanya selama tujuh hari, bukan 30 hari seperti klaim Mike Ross. Penghapusan sementara UC Browser dimulai pada 13 November 2017.

“Kami telah dikonfirmasi oleh Google mengenai penghapusan sementara UC Browser dari Play Store selama 7 hari, dimulai 13 November 2017, karena ada setting tertentu di UC Browser yang tidak sesuai dengan kebijakan Google,” jelas UC Web seperti KompasTekno himpun dari Android Authority, Senin (20/11/2017).

“Kami segera melakukan investigasi internal dan memperbaiki masalah tersebut,” imbuh mereka.

Lebih lanjut, UC Web menjelaskan bahwa versi terbaru UC Browser telah di-submit ke Google Play, dan sedang menunggu evaluasi dari pihak Google.

“Untuk sementara, pengguna bisa mengunduh UC Browser Mini dari Play Store sebagai alternatif versi UC Browser”, imbuh UC Web. UC Browser Mini merupakan versi ringan UC Browser untuk smartpone kelas low-end.

UC Web menjanjikan versi baru UC Browser bakal bisa diunduh melalui Play Store pada pekan depan. Bagi yang masih ingin mengunduh UC Browser, untuk sementara dapat dilakukan secara manual melalui laman resmi UC Web berikut.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *